5 Tools GRATIS untuk Membuat Campaign Gambar dan Video

Saat kita berbisnis online, kita tidak bisa menghindari media seperti gambar, video dan audio untuk mendukung campaign bisnis kita agar berkembang.

Membuat gambar campaign, video tutorial atau iklan yang menarik tidaklah mudah bagi pemula seperti saya. Namun tentu saja dengan kemudahan yang diberikan tools yang tepat saat ini dan beberapa kali latihan membuat kita tetap bisa berkarya.

Saya akan memberikan 5 tools gratis yang mudah digunakan -entah kenapa beberapa diantara tidak terlalu populer- sekaligus cara menggunakannya.

1. Edit gambar dengan Photoscape

Meskipun fiturnya yang sangat lengkap, saya sudah menyerah dengan rumitnya belajar photoshop.

table-flip

Sebagai alternatif, awalnya saya menggunakan editor foto online yang mudah, namun ini sangat menggantungkan diri pada koneksi internet. Hingga saya dipertemukan dengan alat gratis bernama photoscape.

photoscape

Jujur, saya sangat terbantu dengan tools ini, entah sudah berapa campaign yang saya buat dengan bantuan alat ini.

Penggunaannya sangat mudah dan beberapa fitur standard editor untuk gambar sudah dimiliki alat ini. Seperti crop, pemberian efek gambar, kolase, resize, penambahan garis, gambar, bentuk, tulisan ,dan masih banyak lain.

Berikut video tutorial untuk fitur basic photoscape :

Download Photoscape disini

2. Edit video dengan VSDC

Bila photoscape adalah andalan saya untuk gambar, maka VSDC editor adalah andalan saya untuk video. Entah kenapa tools ini tidak begitu populer, padahal kemudahan dan fungsi yang dimiliki sangat lengkap.

Alat ini bisa menggabungkan video dengan transisi, menambah suara atau mematikan suara, mengkonversi video (yang awalnya saya menggunakan total video converter) hingga menambahkan beberapa efek lainnya untuk video.

Mungkin kelemahannya adalah membutuhkan waktu lama untuk memproses video yang telah di edit, tapi alat dengan fitur selengkap ini gratis, jadi saya tidak akan banyak protes.

Download VSDC disini

3. Rekam layar laptop dengan CamStudio

Untuk memudahkan pembaca blog atau pengunjung website memahami apa yang sedang kita lakukan dengan sebuah alat di komputer, sudah sewajarnya kita harus merekam layar komputer kita saat sedang bekerja.

Pilihan saya untuk merekan layar jatuh pada Camcorder, alat ini menyediakan beberapa fitur yang cukup saya butuhkan seperti :

Merekam area tertentu

Fitur Pilihan Area rekaman

Memberi warna pada kursor,

Highlight Cursor

Hanya saja file yang dikeluarkan oleh alat ini memang cukup besar, tetapi itu bisa di atasi dengan pengaturan kualitas di bagian setting.

Pilihan kualitas output video

Download Camstudio disini

4. Cari materi gambar dan video dengan Google

Banyak materi yang bisa Anda dapatkan dengan Goolgle: gambar resolusi tinggi, icon png hingga bentuk tulisan yang menarik.

Kalau Anda termasuk orang yang memperhatikan legalitas materi, Anda bisa menggunakan materi yang memiliki white label, tidak sulit mencarinya saat ini.

hig

5. Buat Slide video dengan Power Point

Tahun lalu saat saya membuat materi bisnis online untuk Yuk Bisnis, saya belajar bahwa power point bisa membantu saya membuat animasi (gambar bergerak) sederhana untuk tujuan presentasi.

Dengan menggabungkan gambar yang saya dapat di Google dan sedikit editan dengan photoscape saya membuat slideshow yang cukup intens seperti ini :

powerpoint

Kemudian rekam layar dengan camstudio dan gabungkan dengan suara, sehingga terciptalah video seperti ini :

Sedikit tips, Anda bisa menggunakan smartphone untuk merekam suara dan kemudian menggunakan Video Editor VSDC untuk menggabungkan suara dan video.

Nah,

Lima alat yang saya sebutkan GRATIS dan bisa menghemat ratusan ribu rupiah per tahun yang dipakai untuk membeli tools premium ataupun memperkerjakan seseorang.

Menarik bukan ? tentu saja kita juga harus berlatih dan sedikit memutar kreatifitas untuk mendapatkan campaign yang bagus, practice make perfect kalau kata orang hehe….

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *