Apa pekerjaan impian Anda ?

Mendapatkan penghasilan yang bisa dilakukan dimana saja ? Memiliki potensi hingga puluhan juta dan bahkan tersistem dengan baik sehingga memungkinkan untuk menjadi pasif income ?

Itu mungkin saja Anda dapatkan di bisnis online. Lihat saja potensi bisnis online yang saya gambarkan dalam infographic.

 

Lantas, bagaimana cara melakukannya ?

Study Case 120 Juta Lebih Dari Affiliate Lokal 486x60

Satu jawaban yang telah banyak terbukti, adalah dengan menjadi affiliater.

Saya bahkan sampai di titik merasa tidak perlu memberi argumentasi tentang benar atau tidaknya potensi affiliate marketing.

Terlalu banyak contoh nyata yang bisa Anda temui di tahun 2015, atas kesuksesan orang-orang yang menjalani profesi affiliater di dalam negeri, apalagi di luar negeri. Bahkan forbes juga menuliskan bahwa salah satu jalan menjadi kaya adalah dengan memulai blogging dan melakukan affiliate.

affiliate indonesia

 

Darimana kita bisa mulai ?

Saat ini, Anda sedang membaca salah satu rangkaian materi yang sudah disusun selama berbulan-bulan mencakup hampir semua pengetahuan dasar Anda butuhkan untuk menjadi affiliater. Saya berharap ini bisa membantu langkah awal Anda melakukan bisnis online.

 

Mulai dari kesiapan.

Menjadi Affiliater, menjanjikan banyak potensi yang menggiurkan, namun seiring dengan potensi yang ada, hampir TIDAK MUNGKIN Anda mendapatkan semua itu tanpa doa dan komitmen.

Ketika Anda menetapkan tujuan untuk mendapatkan Jutaan –bahkan- Milliaran rupiah dari profesi ini, tidak mungkin semua tercapai begitu saja tanpa adanya tantangan. Tantangan tercipta, untuk memastikan bahwa hanya orang yang bersungguh-sunguh yang akan berhasil.

funny-diamons-man-digging

 

Ikuti Polanya

Yang menarik dari menjadi affiliater adalah hampir semuanya memiliki pola yang sama. Mungkin jelas ada perbedaan dalam beberapa hal detail, Namun hampir semua memakai strategi yang bisa kita ikuti dan pelajari. Mari kita bahas satu per satu

 

Buatlah website

Kalau ini saya tulis sepuluh tahun yang lalu, mungkin memakai blogspot atau web gratis lainnya akan saya rekomendasikan. Namun ditengah derasnya persaingan bisnis online saat ini, Anda tidak bisa menghindari website sebagai pijakan Anda dalam berbisnis.

Ini juga terkait resiko dari blogspot atau web gratis lainnya yang bisa dihapus oleh perusahaan penyedianya sewaktu-waktu.

Lihat tutorial lengkap yang Anda bisa pelajari tentang cara pembuatan website sekaligus tentang pentingnya niche market.

 

Cari penyedia program affiliate Indonesia

Setelah Anda membuat website, mulailah mencari penyedia affiliate program yang sesuai dengan niche Anda. Kalau Anda baru, saya menyarankan program affiliate Indonesia untuk memudahkan Anda belajar dan mendukung produk dalam negeri pastinya :)

Untuk Anda yang memilih niche bisnis online dan sejenisnya, Anda bisa menggunakan affiliate program yang saya buat. Disini Anda bisa melihat video review singkat tentang affiliate upbisnis.

[Up Date]

Video dibawah ini tetap bisa dijadikan contoh program affiliate, hanya saja sudah saya hentikan karena saya telah menyerahkan produk saya ke MarketPlace Indonesia Ratakan, termasuk di program affiliatenya. Review terbarunya segera akan saya publish.

Kalau Anda menyukai produk retail untuk dimasukkan dalam niche Anda. Anda bisa melihat YukBisnis. Saya juga mereview program affiliate yubi yang bisa Anda lihat terlebih dahulu.

Tentu saja banyak program affiliate lainnya, yang bisa Anda cari di google. Cek dulu program affiliate yang ingin Anda ikuti dan pastikan Anda mengambil program affiliate yang kredibel.

 

Buatlah Konten

Setelah Anda menetapkan niche dan memilih program atau produk affiliate, buatlah konten yang menarik sesuai dengan niche Anda.

Konten bisa berupa artikel, video, gambar dan lainnya. Untuk permulaan saya menyarankan pembuatan artikel terlebih dahulu sebelum membuat jenis konten lainnya. Tentu saja, kalau Anda bisa membuat gambar, video dan lainnya itu lebih bagus.

Buatlah artikel dengan value yang tinggi untuk pembacanya, jangan asal jadi, saya sendiri memerlukan beberapa hari bahkan minggu untuk membuat satu artikel/postingan yang saya anggap akan bermanfaat bagi pembaca.

Anda juga bisa mencontoh pola dari tiga strategi yang sering dipakai untuk membuat konten affiliate dan pastikan Anda mempelajari teknik copywriting sebelum mulai menulis konten.

 

Datangkan Pengunjung

Setelah konten-konten terbaik Anda jadi, sekarang saatnya berfokus untuk mendatangkan pengunjung ke website Anda.

Ini jelas bertujuan untuk mendatangkan pengunjung website agar melihat konten Anda. Apa jadinya bila Anda telah membuat website beserta konten yang luar biasa tapi tidak seorang pun yang tahu.

Kalau Anda tiba-tiba terlintas untuk mendatangkan traffic pengunjung dengan SEO. Mungkin Anda bisa mencontoh studi kasus SEO yang telah saya lakukan. Namun Anda juga harus tahu fakta SEO ini.

Anda bisa juga masuk ke forum online dan menggunakan social media Anda pribadi untuk menyebarkan link website Anda, atau meminta retweet atau share dari teman-teman Anda. Jangan lupa gunakan twitter card di website agar tweet terlihat lebih menarik.

Untuk website affiliate, saya merekomendasikan Anda menggunakan iklan berbayar dalam mendatangkan traffic (saya tidak membuka jasa iklan online). Karena menurut saya, iklan di google dan facebook adalah yang terbaik untuk mendatangkan traffic yang tepat dengan cepat. Anda bisa mencari di google untuk jasa iklan seperti ini.

Tujuan utama dari tahap ini adalah mendatangkan pembaca/pengunjung website tertentu yang tertarik dengan niche Anda. Artinya, lebih baik Anda memiliki traffic 100 pengunjung yang memang tertarik pada niche Anda daripada 1000 pengunjung yang asal melewati website Anda.

Buatlah list building dan fanspage agar Anda bisa menarik kembali traffic yang pernah datang di website Anda.

 

Lakukan Eksperimen dan Testing

Sama seperti bisnis lainnya, Anda membutuhkan pengalaman untuk sukses di affiliate program.

Anda bisa melakukan evaluasi dan melihat apakah strategi yang Anda gunakan mampu menarik traffic atau apakah pengunjung yang datang menghasilkan komisi. Ini bertujuan agar Anda bisa mencoba strategi-strategi baru serta meilhat hasilnya.

Anda bisa menggunakan google analytic untuk melihat data pengunjung website Anda, saya memberikan materinya di free e book Up Bisnis dengan beberapa tambahan materi lain.

Mungkin Anda akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk mengikuti semua materi yang saya bagikan di artikel ini. Saran saya, bookmark artikel ini dan pelajari sedikit demi sedikit.

Silahkan berbagi artikel ini kalau Anda merasa ini bermanfaat :)

2 thoughts on “Belajar Affiliate Marketing Indonesia

  1. Ijin sharing info program affiliate lokal ya:

    Program Affiliate Member Club MNC Skyvision:
    Keuntungannya:
    1. Pendaftaran Gratis
    2. Target pemasaran seluruh kota di Indonesia Online ataupun Offline
    3. Komisi Rp.50.000 untuk pemasangan dan Rp.100.000 untuk pembayaran bulan kedua
    4. Komisi tambahan Rp.150.000 untuk penjualan berlangganan selama 1 tahun
    5. Komisi tambahan hingga Rp.150.000 untuk penjualan berlangganan multi dekoder.
    6. Total komisi bisa mencapai Rp.450.000 per penjualan.
    7. Komisi dibayarkan dalam 2 tahap yaitu di bulan 1 Rp.50.000 dan di bulan kedua Rp.100.000 sd Rp.400.000 per penjualan, langsung ke rekening anda.
    8. Terbukti membayar sejak tahun 2012.
    9. Dioperasikan oleh perusahaan media terbesar di Indonesia (MNC group)
    Kekurangannya:
    1. Hanya untuk webmaster yang mahir SEO dalam promosi web/blog atau
    2. Berpengalaman dalam video marketing dan sosial media marketing atau
    3. Salesman ulung yang terbiasa dalam direct sales serta mahir bernegosiasi.

    • Kalau boleh memberi masukan, seandainya ini memang dari MNC, lebih baik memakai digital ads, kontes blog review atau jasa premium review untuk melakukan growth hacking affiliater. Cara seperti diatas ini malah membuat program terlihat tidak kredibel :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *