Di tahun pertama saya belajar SEO, salah satu hal penting yang saya pahami adalah : hampir tidak mungkin first page google bisa dicapai tanpa membangun backlink.

SERP (Search Engine Result Page) sangat dipengaruhi oleh kualitas backlink. Padahal membangun backlink yang berkualitas memerlukan pemahaman dan pengalaman yang tidak sedikit.

Anda yang pernah belajar SEO mungkin mengalami saat dimana terasa sangat sulit untuk membangun backlink yang bisa  menembus halaman pertama google bahkan untuk keyword yang rendah kompetensinya.

Namun bagaimana kalau saya katakan saat ini, ternyata ada cara menembus halaman pertama beberapa keyword produktif tanpa membangun backlink sama sekali !

Tidak mungkin ?

Sebelumnya mari kita lihat beberapa keyword yang berhasil saya tembus di halaman pertama google dari postingan teknik copywriting, dilihat di google analytic :

strategi seo 6

Anda juga bisa cek di google :

strategi seo 8

Dan itu saya dapatkan tanpa backlink :

belajar seo

Tentu saja ranking dari first page akan berubah ubah sesuai dengan fakta SEO yang pernah saya bahas.

Namun tetap saja, bagaimana ini bisa terjadi ?

Studi kasus Up Bisnis

Melakukan SEO tanpa membangun Backlink

Kasus seperti ini pernah dibahas oleh Rand Fishkin – White Hat Seo’s Consultan – di tahun 2014, tentang kemungkinan mendapatkan score SEO yang tinggi tanpa backlink.

Berikut gambaran singkat dari penjelasannya :

belajar seo strategi

Saya akan ringkas secara lebih mudah gambaran alogaritma dari White board diatas dikaitkan dengan kasus SEO dari blog up bisnis.

Secara garis besar, ada tiga langkah yang saya lakukan berkaitan dengan teori yang digambarkan di atas.

 

Membuat Konten yang Sangat Berkualitas

Bukan rahasia lagi kalau google menginginkan hanya website dengan konten yang berkualitas dan relevan yang mampu menempati first page dengan keyword yang produktif. Inilah dasar alogaritma google panda.

Tidak ada bantahan di antara professional SEO’s bahwa konten yang berkualitas adalah keharusan dalam SEO.

Matt Cutts – yang dikatakan sebagai juru bicara google mengatakan salah satu ciri konten berkualitas adalah unik atau dengan kata lain, Original.

strategi seo 4

Namun berkualitas saja tidak cukup, karena SEO adalah persaingan, maka saat membuat konten buatlah dengan tujuan menjadi konten yang paling  berkualitas.

Cara sederhana untuk memastikan konten berkualitas adalah dengan membuat konten original lebih dari 1000 kata.

Tidak cukup dengan kata, penambahan gambar juga menjadi faktor penting untuk membuat konten menjadi lebih berkualitas.

Mengutip dari brafton[dot]com -perusahaan internet marketing yang berfokus content marketing-

Studi SEO tahun 2013 -2014 menunjukkan page yang memiliki lebih dari 3000 kata dan setidaknya 7 gambar original, lebih mudah terangking oleh google.

belajar seo

Kemudian saya membuat page copywriting hingga 3000 kata, tentu saja butuh waktu cukup lama untuk menyelesaikannya. Saya juga menggunakan Yoast Plugin untuk memonitor Optimasi On Page – ini optional

strategi seo 15

 

Memaksimalkan Internal Link

Internal link adalah signal terkuat dari On Page Anda. Ya, bukan Heading atau judul, namun internal link. Internal link adalah link di dalam postingan yang menuju ke postingan lainnya dalam website Anda.

Kenapa ?

Internal link adalah sebuah anchor text (teks dengan link) yang memberi sinyal kuat pada google tentang keyword apa yang sebenarnya paling relevan dengan konten yang sedang Anda buat.

Internal link juga merupakan tanda bahwa situs Anda memiliki inbound yang kuat.

Inbound artinya konten – konten di situs Anda memiliki kaitan yang erat, ini sesuai dengan aturan pemilihan niche yang pernah saya bahas di awal pada tutorial pembuatan website.

Internal link yang banyak dan variatif juga memberikan signal bahwa size dari sebuah situs cukup besar karena memiliki banyak postingan yang saling terkait.

Memiliki banyak internal link bahkan tidak akan menimbulkan pinalti dari google. Google engineer John Mu pernah mengatakan, bahkan 100 internal link per page pun tidak akan menimbulkan masalah

Tips : Saya juga dengan sengaja memasang anchor text di bagian widget untuk menambah kekuatan sinyal On Page ke google.

strategi seo 9

Selain internal link, tentu saja saya menggunakan eksternal link – link dalam postingan yang mengarah pada website lain.

Eksternal link menambahkan value untuk para pembaca di situs Anda, ini juga sebagai tanda bagi google bahwa situs Anda bukanlah spam karena ikut  berinteraksi dalam ekosistem internet, ini bisa dikatakan sebagai bagian dari outbond link.

Dua hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan eksternal link adalah, pilih hanya website yang berkualitas, dan berbeda dengan internal link, batasi jumlah eksternal link secukupnya.

 

Mudah untuk disebarkan ke media sosial

Tahun 2014 Google mengatakan bahwa Media Sosial tidak akan memberi pengaruh besar pada ranking page.

Hal ini memang benar, page copywriting saya tidak memiliki page rank.
page rank seo

Padahal saya selalu berusaha membuat page yang memiliki manfaat besar sehingga pembaca tidak ragu untuk membagikannya.

strategi seo 2
 
Lantas apakah social media menjadi tidak penting untuk SEO ?

Jawabannya : Masih SANGAT Penting

Mungkin social media tidak begitu mempengaruhi ranking page, namun social media sharing menunjukkan bahwa konten Anda kredibel dan memiliki kualitas yang baik.

strategi seo 13

Beberapa SEO Experts juga masih mengatakan, social media menjadi faktor penting bagi sebuah situs untuk menempati halaman pertama.

Apa buktinya ?

Saya membuat postingan tentang yubi affiliate di bulan juli 2014. Postingan ini bisa menembus keyword “yubi affiliate” di halaman pertama google.

strategi seo 10

Kemungkinan besar ini karena jumlah social sharing yang tinggi

strategi seo 5

Apa yang menarik ?

1. Keyword yubi affiliate adalah keyword produktif, ini dibuktikan dengan adanya penempatan google adwords di halaman yang sama.

fakta seo

2. Saat saya membuat post ini dan masuk dalam first page saya tidak menempatkan internal link sama sekali (sekarang ada).

3.  Bahkan panjang post hanya sekitar 400 kata.

seo yubi

Ini membuktikan, pengaruh social media sharing sangat tinggi untuk SEO.

Satu hal yang membuat postingan ini mampu teranking dengan baik adalah, diantara puluhan social media sharing, Official Twitter dan Facebook milik Yuk Bisnis ikut memposting di facebook dan men-tweet posting tersebut.

Ini juga membuktikan bahwa bukan hanya banyaknya social share yang penting, tapi juga siapa yang menshare postingan Anda,. makin kredibel, maka makin mudah Anda bisa teranking.

 

Tetapi….

Cara ini mungkin hanya bisa digunakan untuk keyword dengan kompetensi rendah.

strategi keyword 16

Cara ini kemungkinan besar efektif untuk website yang berumur setidaknya tiga bulan lebih dan memiliki banyak postingan yang saling terkait.

Saya juga tidak mengatakan backlink kemudian menjadi tidak lagi penting. Membangun backlink masih jadi salah satu faktor dari SEO yang paling penting. Apalagi bila Anda menyasar keyword dengan kompetensi tinggi.

Kesimpulan ?

Studi kasus ini menunjukkan bahwa alogaritma google dalam On Page SEO semakin membaik. Google memang berfokus membantu konten yang paling berkualitas untuk mencapai first page.

Saat kita melakukan SEO, harus disadari bahwa yang terpenting bukan  alogaritma, namun pembaca, membuat konten yang memberikan manfaat tinggi bagi pembacanya adalah dasar bagi White Hat SEO.

Bila konten dianggap berkualitas, pembaca tidak akan segan berbagi di media sosial. Meskipun tidak akan langsung menaikkan page rank, namun social media sharing jelas merupakan faktor yang penting dalam SEO.

Kalau Anda menginginkan materi yang lebih komprehensif, Anda bisa mendapatkannya pada paket premium. Berbayar, tetapi saya menjamin (dengan garansi) Anda tidak akan kecewa :)

Dapatkan juga e book gratis tentang start up bisnis online yang saya buat untuk Anda.

Silahkan share artikel ini bila Anda merasa studi kasus ini bermanfaat. Semoga ini bisa menjadi referensi untuk semua pengguna internet yang ingin belajar SEO.

Silahkan berkomentar bila ada saran atau penambahan dari Anda untuk studi kasus ini. Salam Sukses.

18 thoughts on “Belajar SEO – First Page Tanpa Backlink ?

  1. makasih gan untuk infonya semoga tamba sukses

  2. Betul gan, saya ketemu website yang backlinknya hampir nggak ada, artikelnya juga hanya 2 artikel, tapi anehnya dia bisa menempati posisi nomor 2 di google. domainnya juga gratisan. Sampai sekarang saya nggak faham, gimana bisa? websitenya: obatkolesterolyangalami.wordpress.com, untuk keyword “obat kolesterol”. Mungkin agan bisa kasih penjelasan. bandingkan dengan website obatkolesterolku.com yang sudah memiliki backlink ribuan dan artikel sekitar 100 artikel.

    • agan Naryanto g perlu bingung hehe.. web 2.0 baru dengan 2 artikel tanpa baklink menempati halaman pertama hanya karena itu BARU diindex, setelah beberapa saat pasti akan terlempar ke halaman google yang kesekian. Kalau di Google masih tetap berada di halaman pertama, itu karena semantic search akibat cookies, sederhananya, itu cuma terjadi di gadgetnya mas Naryanto aja.

  3. penjelasan yang cukup panjang dan sangat berakurat

  4. tapi benar gan artikel seperti inilah yang saya cari penuh ilmu dan enak di bacanya

  5. makasih gan buat infonya dan salam kenal

  6. Sip gan untuk tehnik di atas saya kan coba, soalnya saya juga masih penasaran. Apakah bisa tanpa backlink page on google..

  7. [Ask] Tempat belajar seo dimana ya gan ada yang rekomen ga??

  8. makasih gan ..bermanfaat penjelasannya buat newbie seperti saya..
    ijin share.

  9. susah-susah gampang ya.
    klau persaingannya rendah sih bisa aja tapi kalau udah berat y harus dikombinasiin semuanya

  10. artikel yang sangat bermamfaat

  11. Semua yang dibahas membantu saya sebagai pemula, kontent original memang diakui untuk nembak keyword. Dan peran sosial media juga membantu, jadi tambah pengetahuan yang bermanfaat pada ulasan yang di buat juragan sando. Terima kasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *