Cara Membuat Website Toko Online Sendiri

Agan lagi cari cara membuat website toko online sendiri ?

Mungkin sekarang ini dagangan Agan lagi laris, atau Agan emang tertarik ngebuat toko online yang engga sekedar “numpang” jualan di media sosial atau di marketplace orang lain kayak tokopedia, bukalapak dan sebagainya..

Membuat toko online sendiri emang pas banget buat Agan yang pengen jualan jangka panjang dan mau nge “kunci” pasar.

Resikonya kalau Agan jualan terlalu lama di marketplace, konsumen potensial Agan bisa diambil sama brand yang dimiliki marketplace itu.

Gampangnya… Misalnya minimarket itu ibarat marketplace, brand A nitip air mineral, terus minimarket itu punya brand air mineral sendiri, ya otomatis saingan sama yang nitip air mineral disana.

Cuman.. Kalau Agan pengen ngebuat toko online sendiri, Agan harus modal, mental gratisan mesti dibuang jauh-jauh.

Disini saya bakal ngasih tahu cara ngebuat toko online paling gampang – setahu saya dan paling murah budgetnya. Sekaligus ngebandingin sama toko online yang dibuat pakai wordpress, CMS (content manajemen system) sejuta umat.

Sebelum kita mulai cara buatnya, Kita mulai dari, Fitur apa yang biasanya kita dibutuhkan dari toko online :

  1. Bahasanya indonesia, kecuali target market Agan bule…

Jangan bilang, ya iyalah dulu… Ini karena kebanyakan CMS tidak menyediakan fitur bahasa indonesia secara default, artinya, agan harus kerjain sendiri perubahan bahasanya.

  1. Ada fitur hitung ongkir pakai jasa pengiriman yang populer di Indonesia.

Ga lucu juga kalau Agan punya toko online tapi masih harus ngelayanin satu satu buat ngitungin ongkir.

  1. Ada fitur bayar pakai transfer rekening bank

Masyarakat kita belum terbiasa bayar online pakai kartu, kalau fitur transfer engga ada, ya nanti ga ada yang mau beli di tempat Agan. Syukur – syukur otomatis bisa tahu kalau ada yang transfer.

  1. Punya fitur email marketing

Jadi nantinya, data calon buyer dan pembeli Agan bisa kumpulin buat penawaran. Kalau Agan di 2017 ini belum paham email marketing, Agan harus cari tahu biar engga ketinggalan kereta.

  1. Punya fitur reminder bila ada pembelian

Ribet juga kalau Agan harus mantengin website seharian buat cari tahu ada yang beli apa engga.

Nah, dari fitur minimal di atas. Saya dulunya ngebuat toko online pakai wordpress. Kenapa ?

  1. Cuma beli hosting sama domain ( IDR 750 setahun )
  2. Bisa di otak atik semau saya

Buat awalan kalau Agan mau tahu gimana cara buat website pakai wordpress.. Silahkan kesini.

(Perhatian) Kalau Agan baru di urusan per website an, siapin kopi satu galon buat nemenin belajar otodidak.

Ngebuat toko online pakai wordpress emang customable, tapi settingannya cukup sulit buat pemula.

Udah gitu, buat ngasih hitung ongkir JNE Agan masih harus beli plugin premiumnya lagi kira kira 100 ribu an. Belum fitur premium lainnya, Ditambah lagi kalau Agan harus ngerubah format bahasanya ke Indonesia.. Behh…

Sebenernya ada platform CMS spesial toko online kayak presta shop, zen cart, drupal, Cuma ya itu.. Settingnya ga indonesia friendly.

Solusinya ?

Ini yang baru mau saya share : YukBisnis Pro. Platorm e commerce asli indonesia.

Warning : Saya engga terima endorse atau bayaran buat review, jadi ini apa adanyah banget

 

Kita lihat keunggulan yuk bisnis Pro :

  1. Fitur e commerce luengkap

Termasuk integrasi kurir, email marketing, kupon, chat live, pembayaran lewat Doku, dropship dann masih ada lainnya.

  1. Bahasa Indonesia

Jadi ga pusing mikir ngerubah bahasa, tapi pilihan ke default bahasa inggris juga tersedia

  1. Gampang banget..

Ada tutorialnya, tinggal liat petunjuknya, bisa tanya cs nya (saya udah coba beberapa kali tanya hal remeh, tetep dijawab engga di bete in)

  1. Murah

Dibandingin fiturnya, ini harga oke banget, daftar awal 100 ribu, sebulan 80 ribu ajah. Kalau mau setahun cuma 600 rebu. Belum termasuk domain tapi ya (70 – 150 K setahun)…

  1. Punya komunitas

Yubi punya komunitas se Nusantara. Nah, disini Agan bisa tanya tanya, ikut ngumpul, ikut promo juga bisa, lumayan banget gan

 

Kelemahan :

 

  1. Ga bisa di utak atik jeroannya

Tema sih bisa milih, tapi tampilan warna, huruf, posisi dan fungsi lainnya udah pakem. Wajar aja, soalnya ini bukan platform open source, dan karena tagetnya buat UKM jadi ga perlu juga dibuka sourcenya, nanti Agan malah bisa jadi bingung.

  1. Rada lemot

Yubi termasuk platform baru yang masih dalam tahap pengembangan, saya yakin seiring pengembangan, ini bisa diperbaiki.

Salah satu solusi nya : optimasi gambar produk, potong ukuran sesuai kebutuhan, terus di kompres pake Tiny Png.

 

Kalau Agan pengen Toko Online yang lebih sempurna, ya ada harga lah… Tapi kalau Agan cuma punya modal minim tapi pengen fitur selangit, yubi pro ini solusinya.

 

Cara Buat.. Singkat aja ya gan, gampang kok kalau udah dicoba sendiri.

 

  1. Daftar Dulu

Daftar dulu ke yubi.. Ikuti step by step.

Pilih paket sesuai budget.. yang paling kecil 80 rb sebulan. Rekomendasi saya sih setahun sekalian, lebih irit..

scroll ke bawah, Lanjutt

Ada 4 tahapan yang Agan harus lengkapi, data diri, data toko online dan bayar paketnya.

Untuk data toko online, agan ga usah khawatir soal nama kalau misal udah ga bisa di daftarin. Paling penting justru apakah domain agan masih tersedia buat dibeli. Karena pada akhirnya toko online agan namanya ya sesuai domain yang Agan beli. Kalau Agan ga mau ribet setting domain dari luar, beli aja di yubi.. Lebih gampang.

Abis itu pilih pembayaran, udah deh.. Agan bisa mulai buat toko online punya Agan sendiri.

  1. Buat toko online

Kalau udah punya akunnya, Agan bakal masuk ke dashboard yubi. Dashboard yubi dibagi dua jenis.. Buat personal :

Sama buat bisnisnya Agan.. Ini bisa bikin lebih dari satu

  1. Setting Toko Online

Sebelum isi produk, Agan bisa setting dan atur tampilan toko online dahulu, tinggal pilih kurir apa yang mau di integrasikan, Profil dan lainnya, semuanya tinggal klik ketik klik ketik :

Buat banner, slider, logo. upload di bagian yang tersedia. Kalau bingung buat designnya, saya pernah bagiin caranya yang gampang disini.

Di bagian store, Agan bisa pilih Tema, dan juga applikasi yang Agan inginkan ada di toko online agan. Liat liat, aktifkan yang cocok sama Agan.

  1. Isi produk

Pilih opsi daftar produk untuk mulai upload barang dagangan Agan.

Masukin keterangan, gambar dan variasi kalau ada (warna, ukuran dan lainnya). Urutannya, buat dulu kategori dan brand baru nanti Agan bisa pilih di bagian info.

 

Setelah itu Agan tinggal isi keterangan, upload gambar dan kasih variasi lain kalau ada. Klik SIMPAN. Udah deh, barang barang Agan udah masuk di website. Agan juga bisa masukin blog buat cerita atau konten marketing.

Agan juga bisa atur navigasi di website.

Gitu doank Gan.. Enaknya lagi, kalau Agan masih perlu yang detail banget, Agan tinggal masuk ke grup khusus pengguna yubi pro. Lihat dokumentasi lengkapnya, atau tanya langsung kesulitan Agan disana.

Itu dia, cara membuat website toko online sendiri. Kalau ada pertanyaan, komen aja di bawah. Kalau mau materi lebih lengkap soal bisnis online, download aja e book gratis yang saya bagiin.

 

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *