CTR dan Pay Per Click. Apakah mereka bersaudara ?

Selama saya menjadi internet marketer, saya bertemu dengan beberapa pemilik website atau pemilik usaha yang sudah go online tetapi kurang paham atau bahkan sama sekali tidak mengerti apa itu CTR atau Click Through Rate.

CTR sangat penting ketika Anda memasang iklan jenis Pay Per Click (PPC) seperti di google adwords, karena tingkat harga iklan yang harus dibayar per klik atau biasa disebut Cost Per Clik (CPC) sangat berkaitan dengan CTR.

Pay Per Click

Tidak hanya itu, dalam SEO, CTR juga memiliki pengaruh pada Search Engine Result Page (SERP).

Tidak, ini tidak ada kaitannya dengan persaudaraan, istilah CTR dan Pay Per Click digunakan tidak hanya dalam satu perusahaan dan anak perusahaannya seperti di google dan google patner. Namun di semua digital media, termasuk twitter, facebook dan pada email marketing.

Dalam iklan online (digital advertising), CTR adalah perbandingan di Klik nya sebuah iklan dengan banyak nya iklan itu terlihat. Semakin tinggi CTR artinya semakin menarik iklan yang dibuat.

Dalam iklan, deskripsi untuk iklan bisa dibuat saat Anda mengatur kampanye iklan.

contoh ctr

Bila dalam Organic SEO, ganti dari deskripsi iklan ini adalah meta description dari situs Anda.

teknik copywriting

Meskipun demikian, CTR yang tinggi belum tentu kabar baik untuk kampanye iklan.Anda.

Kenapa ?

Karena CTR tinggi tanpa disertai tingginya goal kampanye iklan yang diharapkan, sama saja sia-sia meskipun harga iklan per klik menjadi murah.

Saya contohkan, Anda telah meluncurkan kampanye iklan pada Google adwords yang berbunyi :

makan-makan.com

Delivery GRATIS makanan di Bandung

lihat menu sekarang juga

Mungkin iklan di atas akan memiliki CTR yang tinggi. Namun bila pelanggan Anda melihat ke dalam situs Anda dan mengetahui bahwa ternyata yang dimaksud gratis adalah disertai syarat untuk wiliayah tertentu dan jam tertentu sehingga itu membuat mereka kecewa. Maka tidak akan ada pemesanan meskipun CTR tinggi.

Jadi meskipun CTR penting, namun iklan yang Anda buat harus disesuaikan dengan isi konten, tidak semata mengejar CTR.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan CTR yang baik, salah satunya yaitu menggunakan copywriting saat membuat deskripsi iklan Anda. Dibawah ini adalah contoh studi kasus tentang bagaimana meningkatkan CTR dari deskripsi iklan.

PPC

Originally from : http://therebellion.co.za

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *