Pengertian dan Contoh Sales Funnel Online

Penjualan adalah proses..

Proses penjualan  ini sering digambarkan seperti funnel atau Pipa corong, yang kemudian dikenal menjadi sales funnel.

Kenapa begitu ? Karena dari target customer di awal, hingga menjadi pelanggan potensial dan akhirnya menjadi pembeli, biasanya jumlah terus menurun sehingga bagannya menjadi seperti pipa bercorong.

Pola yang UMUM digunakan untuk membuat sales Funnel adalah AIDA yaitu :

Aware : Membuat target market menyadari keberadaan produk kita

Interest : Membuat target market tertarik dengan apa yang kita tawarkan.

Decision / Desire : Membuat calon pembeli mengambil keputusan untuk membeli produk

Action : Calon pembeli akhirnya menjadi pembeli

 

Dari pola AIDA inilah kemudian di aplikasikan dalam sebuah startegi penjualan sehingga terciptalah sales funnel yang berbeda beda untuk tiap brand atau produk.

Sales Funnel juga sangat dikenal dalam internet marketing, terutama untuk marketing berbasis online. Secara sederhana, sales funnel berfungsi mengedukasi dan mengarahkan calon pembeli potensial untuk melakukan action. Meskipun sales funnel bisa berbeda bentuknya, tetapi ada pola dalam sales funnel online modern yang sering digunakan internet marketer saat ini.

Mau taruh infograhic di atas di blog Agan ? Copas aja kode di bawah :

Yuk kita bahas satu per satu..

Traffic / Pengunjung

Apa banyak cara untuk mendatangkan traffic menuju landing page.

  1. Iklan

Bisa di facebook, google atau media digital lain yang berbayar, cara ini biasanya paling efektif karena targetnya bisa kita tentukan, apalagi kalau Agan punya facebook pixel di website Agan.

Tinggal re marketing ke penggunjung yang udah pernah mampir ke website Agan.

  1. SEO

Bisa bayar pakai google ads dengan keyword tertentu, atau agan pakai SEO organik di website untuk mendapatkan halaman pertama google dengan keyword pilihan Agan.

  1. Konten Viral

Intinya ngebuat artikel Agan lebih banyak di share sehingga lebih banyak pengunjung datang ke landing page Agan. Sama seperti SEO Organik, cara ini biasanya memerlukan tahapan untuk menuju landing page. Secara sederhana pengunjung masuk ke artikel Agan kemudian dari artikel di arahkan ke landing page.

  1. Referral

Ini bisa digunakan kalau Agan punya affiliate program buat produk Agan.

  1. Masih banyak cara sih gan, besok besok saya buatin lengkap deh sekalian studi kasusnya.

 

Landing Page / Halaman Awal

Landing page adalah halaman website yang memang dikhususkan untuk tujuan tertentu. Biasanya, untuk mendapatkan email pengunjung website. Ada beberapa format untuk pembuatan landing page ini.

Salah satu format popular, landing page, yaitu, video persuasive yang menerangkan benefit produk dan kolom form di sebelah kiri. Di bawahnya, ada manfaat atau testimoni pengguna. Contohnya nanti ada di bawah.. Hasil dari tahap ini adalah data calon pembeli potensial untuk di follow up.

 

Halaman Harga

Kalau Agan punya harga bertingkat, berikan benefit yang jelas dari tiap level harga. Bentuk populer dari pilihan harga ini adalah tabel.

 

Formulir Pembelian

Buat formulir pembelian yang mencakup data yang diperlukan saja, karena terkadang, kolom tambahan yang terlalu banyak membuat calon pembeli mengurungkan niatnya. Hasil dari tahap ini adalah data pembeli. Data ini bisa digunakan untuk melakukan cross Sell, up sell atau next sell

 

Cross Sell, Up Sell, Next Sell

Cross Sell adalah penawaran produk pelengkapn, Up Sell adalah penawaran produk sejenis yang lebih mahal/bernilai sedangkan next sell adalah penjualan bertahap setelah pembelian pertama.

Cara menawarkan ketiga hal ini bermacam-macam, tetapi yang jadi persamaan adalah, Agan harus menjaga hubungan dengan pelanggan, sebelum melakukan penawaran selanjutnya.

 

Rekomendasi

Membuat pembeli merekomendasikan produk Anda adalah cara yang powerfull untuk mendapatkan calon pembeli potensial lainnya. Cara paling mudah melakukan hal ini adalah dengan membuat program affiliate khusus pembeli untuk produk Agan.

 

Contoh Kasus

Untuk memudahkan, saya akan memberikan contoh sales funnel yang real, dengan melihat layanan milik mas FIkry > kirim.email.

Dari pengunjung yang datang, mereka akan masuk dalam halaman awal, yaitu landing page yang populer digunakan. VIdeo penjelasan di sebalh kanan dan formulir untuk mendapatkan data email pengunjung di sebelah kiri.

Kalau kita scroll terus masih ada lanjutan copywritingnya, tapi ketika kita memutuskan memasukkan email, maka kita akan di bawa menuju ke halaman harga dan benefit.

Disini, kalau calon pelanggan belum memutuskan melakukan pembelian, maka kirim email akan melakukan follow up baik dengan email maupun iklan online dengan data yang sudah di masukkan, ini yang kita kenal sebagai re marketing.

Kemudian ketika calon pelanggan sudah siap, mereka akan melanjutkan dengan formulir pembelian. Sederhana dan singkat.

Setelah proses ini, pelanggan nantinya akan di berikan info dan edukasi (keep customer) untuk menaikkan level produk yang mereka miliki (Up Selling) ataupun perpanjangan layanan (Next Selling).

Sedangkan begitu pelanggan terdaftar, maka pelanggan kirim email bisa menjadi affiliater untuk menawarkan layanan ini.

Itulah pengertian  dan contoh sales funnel yang umum digunakan. Tentu saja, sales funnel sangat fleksible untuk dikembangkan.

Agan punya pola sales funnel yang berbeda ? Bagikan saja disini :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *