Daftar Isi Panduan Email Marketing

 

Pengenalan List Building

5 Keuntungan Melakukan List Building

Email Marketing Menggunakan Auto Responder Gratis

3 Cara Mudah Meningkatkan Jumlah Subscriber

 

Apa Itu List Building ?

 

Pengumpulan list e mail pengunjung situs Anda disebut List Building. Ini dilakukan karena List E mail pengunjung situs adalah sumber penghasilan yang terlalu berharga untuk dilewatkan begitu saja.

Setelah traffic atau kunjungan datang ke situs kita. Anda tidak hanya bisa menunggu pengunjung situs kita membaca konten atau membeli produk. Ada teknik yang bisa Anda gunakan untuk benar benar memanfaatkan traffic yang datang ke situs kita.

Caranya adalah dengan menangkap data e mail pengunjung situs melalui form subcription. Contohnya, Anda mungkin pernah melihat dalam sebuah website, ada formulir untuk memasukkan e mail dengan penawaran up date info, diskon sampai e book gratis untuk Anda.

List Building ini bisa diibaratkan menyusun bank data pelanggan, list ini membuat Anda dengan mudah menjangkau mereka kembali melalui e mail ini juga biasa disebut email marketing. Di indonesia teknik list building masih belum begitu populer di bandingkan di luar negeri. Ini karena e mail dianggap belum maksimal digunakan oleh sebagian besar pengguna internet di negara berkembang.

Ke depannya, penggunaan e mail ini akan mirip dengan penggunaan nomer handphone, Dimana e mail juga menjadi salah satu kebutuhan komunikasi primer. Jadi, mempelajari list building saat ini sangat tepat.

 

5 Keuntungan yang Muncul Setelah Anda Melakukan List Building

 

Setelah Anda memiliki list e mail pengunjung situs Anda, artinya Anda bisa mengirimkan e mail untuk menjangkau pengunjung situs Anda.  Ada lima hal yang bisa Anda dapatkan dari pengiriman e mail yang tepat.

 

1, Menghasilkan traffic

Kalau ada seseorang yang mau mendaftar dengan e mail di situs Anda (Subscribe). Kemungkinan besar mereka tertarik dengan situs Anda. Dengan mengirimkan artikel atau surat melalui e mail. Anda bisa mengingatkan mereka untuk melihat situs Anda kembali.

2.Untuk Iklan

List Building yang Anda buat adalah daftar calon konsumen potensial, Anda bisa mengirimkan e mail berisi iklan ke list Anda. Iklan bisa berasal dari produk Anda sendiri, link affiliate atau kerjasama dengan perusahaan tertentu yang sesuai dengan niche website Anda. Pastikan Anda tidak mengirimkan iklan spam karena akan merusak reputasi Anda.

3.Menginformasikan info terbaru dari bisnis Anda

Kalau Anda memiliki promo, event atau produk baru, Anda bisa mengrimkan melalui e mail list Anda. Kemungkinan mereka akan menyambutnya, karena sekali lagi, ketika pengunjung situs memutuskan memberikan e mail di website Anda artinya mereka tertarik dengan website Anda.

4.Meningkatkan penjualan

Dalam periode tertentu, Anda bisa mengingatkan pengunjung dalam e mail list Anda untuk melakukan re peat order atau memberikan info diskon agar mereka tertarik untuk kembali membeli. Cara ini efektif sekaligus gratis untuk meningkatkan penjualan daripada beriklan.

5.Membentuk pelanggan loyal

Market is a King. Bentuklah pelanggan loyal, Berikan e mail berupa hal yang menyenangkan untuk orang di dalam e mail list Anda. Berikan bonus, kirim artikel yang memang menarik, informasi yang berguna. Semakin banyak value yang Anda berikan, pelanggan Anda semakin terikat secara emosional dengan bisnis Anda.

 

E mail Marketing Menggunakan Auto Responder Gratis

 

Untuk menangkap data e mail pengunjung situs Anda, yang saya rekomendasikan adalah memakai penyedia e mail marketing. Dengan mendaftar ke perusahaan atau situs penyedia e mail marketing, Anda dapat :

  • Membuat form untuk menangkap e mail subcriber
  • Mengirimkan e mail lanjutan (follow up) sesuai keinginan Anda
  • Mengirimkan artikel atau iklan ke seluruh list e mail Anda secara otomatis (auto responder)

Ada beberapa penyedia e mail marketing yang terkenal seperti Aweber atau Mail Chimp tetapi penyedia layanan tersebut berbayar. Ada satu penyedia layanan e mail marketing auto responder gratis yang saya tahu dan mungkin satu-satunya, yaitu listwire

Dalam Bisnis Online, List Building sangat erat kaitannya dengan e mail auto responder. Secara sederhana, program auto responder mampu mengatur pengiriman e mail Anda secara otomatis untuk Subscriber.

Anda bisa mengatur Apa e mail pertama yang akan diterima Subscriber, menentukan waktu tertentu untuk memberikan e mail penawaran, sampai mengirim e mail broadcast tentang info terbaru. Semua dilakukan secara otomatis sesuai keinginan Anda.

Berikut saya berikan panduan penggunaan free auto responder listwire :

1. Mendaftar di Listwire

e mail marketing list building

2. Mengisi data, sebaiknya Anda mengisi data yang sebenarnya.

e mail marketing list building

3. Apabila Anda telah mendaftar, cek inbox atau folder spam e mail Anda. Akan ada link verifikasi untuk Anda. Buka link tersebut. Anda akan diminta melengkapi data kembali. Bagian postal adress isilah dengan Nama bisnis, Jalan, Kota, Provinsi, Kode pos, Negara dalam satu baris.

e mail marketing list building

Perhatikan Nomer 2, kolom ini berisi halaman web yang akan muncul setelah subscriber selesai melakukan konfirmasi persetujuan untuk mendaftarkan e mail di situs Anda. Anda bisa membuat halaman khusus berisi ucapan terimakasih, artikel atau apa saja sesuai keinginan Anda untuk diletakkan disini.

Kemudian masuk dengan akun yang tadi Anda buat

e mail marketing list building

4. Anda bisa membuat list autoresponder beberapa kali. Akan terlihat ada list dengan nama akun Anda dan saya akan mencontohkan pembuatan list autoresponder baru. Pilih manage auto responder.

email marketing list building

5. Pilih New Auto responder

email marketing list building

6. Beri keterangan Auto responder Anda

email marketing list building

7. Nama Auto responder yang baru bisa Anda pilih. Ini seperti Anda memilih profil, pilih satu untuk kemudian Anda atur.

e mail marketing list building

8. Pilih list autoresponder baru Anda.

e mail marketing list building

9. Dibawah notifikasi error Anda bisa mengIsi data Anda (lagi)

e mail marketing list building

10. Kalau data Anda benar, maka list Anda yang baru siap digunakan

e mail marketing list building

11. Ketika List Anda sudah siap, sekarang saatnya mensetting auto responder e mail Anda. Mulailah dengan e mail verifikasi.

e mail marketing list building

12. E mail ini akan diterima subcriber yang memasukkan data e mail melalui situs Anda. Tambahan e mail verifikasi dari listwire tidak bisa dirubah.

email marketing list building

13. Setelah e mail verifikasi selesai dibuat. Saatnya membuat Form untuk Subcriber. Ini adalah Form untuk memasukkan e mail mereka.

e mail marketing list building

14. Isi setting Form Subcription Anda

e mail marketing list building

Nomer 3 adalah Halaman yang muncul ketika Subcriber selesai memasukkan e mail di dalam form Subcription. Buatlah halaman khusus di website Anda dan berikan link di kolom ini.

15. Setelah mengisi option setting form. Sekarang Anda bisa mulai membuat Form.

e mail marketing list building

16.Anda bisa mengedit Form dengan sederhana. Kalau Anda paham dengan kode html Anda bisa membuat Form dengan bentuk apapun yang Anda inginkan.

e mail marketing list building

17. Contoh form yang di edit sangat sederhana.

e mail marketing list building

18. Setelah di save, maka akan muncul list subscription form seperti dibawah. Klik Get code untuk mengambil kode form.

e mail marketing list building

19. Klik get code dan Anda akan melihat pop up berisi kode. Dua kode ini bisa digunakan. Anda bisa menggunakan kode java script sebagai contoh.

e mail marketing list building

20. Tempatkan kode ini di website Anda. Bisa di page Anda.

e mail marketing list building

21. Ketika di publish akan tampak seperti ini. Listwire adalah autoresponder gratis, karena itu listwire selalu menempatkan logonya sebagai iklan.

e mail marketing list building

22. Atau Anda juga bisa menempatkan kode form di widget

e mail marketing list building

23. Hingga tampak seperti ini

e mail marketing list building

24. Sekarang mari kita uji, seandainya ada yang melakukan subscribe di form Anda.

e mail marketing list building

25. Maka subscriber akan mendapatkan notifikasi untuk melakukan konfirmasi melalui e mailnya seperti ini.

e mail marketing list building

26. Di inbox e mail Subscriber, akan nampak e mail verifikasi yang tadi kita buat.

e mail marketing list building

27. Apabila link verifikasi dari listwire di klik maka tampak halaman ini. Kelemahan dari listwire adalah mereka memberikan banyak iklan. Kalau Anda menggunakan autoresponder berbayar seperti Mailchimp atau Aweber, Anda tidak akan menemukan ini.

e mail marketing list building

28. Sekarang kembali ke dashboard listwire. Anda bisa e mail subcriber yang tadi mendaftar.

e mail marketing list building

29. Anda bisa melihat subcriber Anda dari sini.

list building

30. Sekarang kita akan mensetting follow up massage. Ini adalah pengaturan untuk mengirimakan e mail otomatis setelah subcriber terverifikasi masuk dalam list Anda.

e mail marketing list building

31. Buat e mail follow up untuk Subscriber Anda. Bisa tentang info, kupon diskon atau apapun.

e mail marketing list building

Keterangan : 1. Judul e mail 2. Isi e mail. %firstname% ini akan berganti sesuai nama penerima e mail. 3. Plain text artinya e mail Anda berisi tulisan dan gambar biasa tidak berbentuk kode 4. Interval e mail akan dikirim, kalau Anda mengetikkan interval 1 artinya e mail baru akan dikirim satu hari kemudian.

32. Kalau berhasil, akan tampak notifikasi seperti ini.

e mail marketing list building

33. Anda juga bisa membuat broadcast e mail, fungsinya sama seperti broadcast BBM.

e mail marketing list building

34. Seting e mail broadcast Anda

e mail marketing list building

Keterangan : 1,2 & 3 sama seperti setting e mail follow up 4. Pilihan kemana saja e mail broadcast ini akan Anda kirim 5. Pilihan lanjut ke mana saja e mail broadcast ini dikirim. Setting sesuai gambar kalau Anda hanya ingin mengirimkan e mail di list listwire

35.Settingan lanjutan e mail broadcast

e mail marketing list building

36. E mail follow up dan e mail broadcast akan masuk di inbox subcriber sesuai keinginan Anda. Sedikit catatan, ada kemungkinan e mail yang dikirim listwire masuk ke bagian spam e mail. Mungkin Anda mau mengingatkan Subcriber untuk mengecek folder spam mereka.

 

3 Cara Mudah Meningkatkan Jumlah Subscriber

 

Setelah Anda mengetahui bagaimana Anda bisa melakukan List Building dan Apa manfaatnya. Sekarang saat nya Anda meningkatkan jumlah subcriber Anda. Ada tiga cara yang bisa Anda gunakan.

1. Berikan alasan kenapa pengunjung situs Anda mau memberikan e mailnya untuk Anda. Buat e book gratis, tawarkan update artikel atau voucher agar pengunjung situs Anda mau memberikan e mail mereka.

2. Gunakan teknik copywriting untuk membuat kata-kata yang menarik di form agar pengunjung situs Anda mau mengisi formulir e mail .

Contoh Form E mail Subcription: Form e mail

3. Yang tidak kalah penting adalah penempatan form subcription untuk menarik perhatian pengunjung situs Anda. Ada beberapa plugin gratis yang bisa Anda gunakan untuk menempatkan form Anda tidak hanya di bagian widget saja. Ada 4 plugin untuk penempatan form subcription rekomendasi saya.

Pilih salah satu yang menurut Anda paling cocok :

Welcome Gate Plugin ini membuat form Anda muncuk di satu halaman utuh ketika seseorang membuka homepage Anda pertama kali. welcome gate

Attention Grabber Plugin ini mampu membuat form muncul di bagian atas situs Anda. Ini adalah versi gratis dari helo bar. hello bar

WordPress Pop Up Plugin ini membuat form muncul sebagai pop up saat seeorang sedang browsing di situs Anda. Anda bisa mengatur kapan pop up form ini muncul pop up

Pop Aly Plugin ini mampu meletakkan form Anda di beberapa bagian. Namun rekomendasi pemakaian pluggin ini adalah membuat form selalu muncul setelah postingan Anda. Tujuannya bila seseorang selesai membaca artikel Anda maka kemungkinan dia akan tertarik untuk menerima up date artikel melalui e mail dari Anda. e mail marketing

Anda bisa menguji coba tiga cara sederhana diatas untuk menaikkan jumlah subcriber situs Anda.

Sekarang Anda sudah meahami teknik dasar List Building – email marketing ! Selamat Mencoba

4 thoughts on “Melipat Gandakan Keuntungan dengan Email Marketing

  1. Kawan, infonya sangat bagus dan kompleks. Ending tips ini sangat bagus sekali sebagai pola tingkatkan traffic blog. Tp Insya Allah saya akan coba, mudah2an saya bisa. Sampai gak kebayang, kalau list email setiap hari ada 50-100. Dua bulan ke depan bisa membludak visitor di blog. Ok Thanks ya kawan.

  2. WADEEEEEH, INFORMASINYA MANTAP,LENGKAP DAN, DAGING GAN,,cocok buat ane yang masih newbie ,
    terimakasih kang,
    sukses selalu buat upbisnis.com
    oh iya ane juga mau beli yang paket premium, mohon dikonfirmasi ya gan

    • Sando (Author)

      Makasih Gan.. Paket UpBisnis premium sudah masuk di Market Place Ratakan, jadi lebih Aman buat agan. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *