Apa itu wordpress dan bagaimana mendapatkan uang darinya ?

Mungkin selama ini Agan sudah mendengar adanya makhluk bernama wordpress. Melihat dari internet, cerita dari teman atau dari media sosial.

Tapi apakah Agan termasuk orang yang masih bertanya tanya sebenarnya apa itu wordpress dan apa manfaatnya ?

Dan belum memiliki gambaran utuh tentang bagaimana wordpress bekerja dan bagaimana uang bisa datang darinya.

Ini khusus untuk Agan yang tertarik belajar tentang wordpress dan mau memulai langkah pertama membangun bisnis online dengan alat ini.

 

Oke, jadi apa sebenarnya wordpress itu ?

Banyak arti sulit yang bisa ditemukan di internet, tapi biar saya sederhanakan :

WordPress adalah aplikasi open source untuk membuat website.

Apa artinya open source ?

Ini artinya semua orang bisa berperan dalam pengembangan wordpress sehingga aplikasi ini memiliki banyak fitur yang bisa digunakan untuk membuat website sesuai keinginan.

WordPress adalah aplikasi – atau dikenal sebagai CMS (Content Management System) – yang paling populer dan paling banyak digunakan di dunia.

 

Tapi jangan salah, ada perbedaan antara wordpress[dot]com dan wordpress[dot]org :

WORDPRESS[dot]COM

Agan membuat website dengan menggunakan tempat yang disediakan oleh wordpress. Jadi seperti rumah yang sudah dibangunkan sebelumnya, Agan hanya bisa mengakses fitur yang tersedia.

Keunggulan wordpress ini adalah lebih mudah digunakan. Kekurangannya, Agan tidak bisa memodifikasi web ini sesuai keinginan dengan batas imajinasi

 

WORDPRESS[dot]ORG

Inilah yang sebenarnya kita bahas dari awal. Sebuah system yang bisa membantu kita membuat website hampir seperti apapun yang kita inginkan.

Bedanya adalah, bila wordpress[dot]com sudah menyediakan tempatnya, maka wordpress[dot]org memerlukan tempat untuk mulai membangun website.

Tempat itu bernama HOSTING. WordPress nya sendiri gratis, tetapi harga hosting berbeda. Saran saya, cari yang berkualitas.

Sampai disini seharusnya cukup jelas untuk Agan. Kalau Agan ini membuat website powerfull yang bisa di modifikasi kapan saja, maka inilah pilihan termudah dan termudah.

Kalau Agan tertarik mengetahui cara memulai menggunakan wordpress dan memasukkannya dalam hosting. Agan bisa melihat Tutorial cara install wordpress dari Hostinger. Semua di jelaskan lengkap disitu, mulai dari cara menginstall di shared hosting, VPS, dan komputer Mac atau Windows. Tinggal ikuti langkah langkahnya.

 

So, setelah semua siap dan di install bagaimana cara mendapatkan uang dari wordpress ?

1. Blogging

Ini adalah cara paling umum dilakukan. Membuat konten yang kemungkinan banyak dibaca kemudian mendaftarkan web melalui Adsense, sehingga google bisa menempatkan iklan di web Agan.  Imbalannya, bayaran dengan dollar. Cara ini butuh usaha yang cukup besar untuk mendapatkan hasil yang signifikan.

Cara lain yang sejenis adalah membuat konten sangat spesifik (dikenal sebagai niche) dan bekerjasama dengan usaha yang mau menitipkan iklannya di konten Agan.

Misalnya, website tentang review restoran di Kota A, dengan harapan ada restoran yang mau mengiklankan restorannya di web Agan dengan imbalan uang.

2. Affiliate

Saya pernah membahas tentang affiliate lengkap disini. Secara sederhana, Agan menawarkan dagangan orang lain di website Agan. Dagangan ini ditawarkan dengan link unik. Jadi, setiap ada pembelian melalui link unik ini, Agan dapat komisi.

Tidak semua pedagang online punya system afiliasi, jadi Agan memang harus mencari program affiliate yang sesuai dengan jenis web Agan.

3. Toko Online

Jangan hanya jualan lewat media sosial dan market place. Memiliki web toko online sendiri membuat kredibilitas usaha Agan meningkat.

Daripada mahal mahal sewa toko

Belum lagi, punya website sendiri menghindari resiko banned oleh market place karena toko Agan terlalu laris (bisa terjadi)

4. Donasi

Menggalang donasi di website ? Jangan salah paham, ini bukan donasi bencana alam dan sejenisnya.

Kalau Agan membuat konten yang sangat bermanfaat atau menghibur, bisa jadi pengunjung di website Agan mau memberikan donasi agar Agan tetap mengupdate konten konten secara periodic.

5. Banner Berbayar

Kalau website Agan sudah cukup ramai pengunjung, Agan bisa saja menawarkan space khusus untuk mereka yang tertarik beriklan dalam bentuk banner.

contoh web yang menyewakan banner

Tidak perlu bekerja sama dengan google atau lainnya. Cukup tempatkan banner yang bertuliskan, disewakan. Sama seperti spanduk di pinggir jalan. Bedanya, ini ada di website Agan.

 

Ini adalah pengantar awal untuk perjalanan Agan bersama wordpress nantinya.

Ingat, akan ada masa tanam dan masa panen. Agan tidak bisa tiba tiba kaya dengan wordpresss. Tapi selalu ada langkah pertama untuk memulai.

One thought on “Apa itu wordpress dan bagaimana mendapatkan uang darinya ?

  1. terimakasih atas informasinya ya gan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *