Facebook Ads, Google Adwords dan Sate Ayam

Tahukah Anda ?

Di tahun 2015 di Indonesia menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia , pengguna internet diprediksi akan mencapai setengah dari total penduduk Indonesia atau sekitar 150 juta orang.

Sedangkan menurut data Nielsen sejak tahun 2012, dilihat dari jumlah pemirsanya, Internet juga telah menempati posisi kedua terbanyak dilihat setelah televisi.

digital-data-indonesia

Tidak heran, dari trend yang terjadi, sejak 2013 beberapa perusahaan di Indonesia mulai meningkatkan alokasi promosi secara online atau yang dikenal sebagai digital advertising dalam jumlah besar. Ini terlihat dari perkembangan belanja iklan digital di Indonesia.

Karena terlepas dari jumlah pengguna internet yang meningkat tajam, beriklan secara online juga menjanjikan tiga keuntungan yang tidak di dapatkan secara konvensional seperti :

* Pilihan target audience yang spesifik
* Data penanyangan iklan yang mudah diakses
* Terjangkau

Sedangkan dua perusahaan raksasa yang menjadi pilihan beriklan secara online masih di dominasi Facebook dan Google

Apa perbedaan facebook ads dan google adwords ? Lantas mana media digital terbaik untuk menanyangkan iklan bisnis Anda ?

Untuk menjawabnya, mari kita melihat fakta yang ada.

 

Jumlah Pengguna

Dari jumlah penggunanya, terlihat jelas bahwa google menjangkau paling banyak pengguna internet, yaitu hampir 90% pengguna internet di seluruh dunia. Sedangkan facebook menjangkau 51% pengguna internet di seluruh dunia atau mencapai sekitar 1 milliar pengguna.

Facebook-Advertisement-Google-Adwords

Originally from : wordstream

Namun hal ini tidak bisa menjadi faktor utama dalam pengambilan keputusan Anda untuk memilih facebook atau google.

Kenapa ?

Ini berkaitan dengan karakteristik facebook yang merupakan media sosial yang jelas berbeda dengan google yang merupakan jaringan media digital.

Apalagi nantinya Anda juga tidak akan menyasar seluruh pengguna google atau facebook dalam campaign iklan Anda. Karena pada akhirnya Anda hanya akan mentarget pengguna internet tertentu yang sesuai dengan target marketing.

Bayangkan dari 1 milliar pengguna facebook, mungkin hanya akan ada beberapa ribu orang yang memenuhi kriteria sebagai target pelanggan Anda.

Data pengguna facebook dan google ini berguna untuk memastikan bahwa memang facebook dan google adalah pilihan tepat ketika Anda ingin melakukan digital advertising

Dari Segi Biaya

Dari analisis yang ada , google dipastikan memiliki biaya yang lebih mahal dihitung dari tiap klik iklan (CPC), dari facebook, meskipun demikian Click Through Rate yang dimiliki google jauh lebih baik dari facebook.

Kabar baiknya, biaya dari kedua digital advertising terbesar ini masih tergolong terjangkau dan efektif. Namun, biaya rata-rata iklan di google dan facebook juga tidak bisa dijadikan patokan untuk anggaran iklan Anda.

Kenapa ?

Karena kenyataan yang terjadi, iklan yang ditayangkan dua perusahaan berbeda namun memiliki produk sejenis, bisa memiliki biaya yang berbeda bahkan selisih hingga 300%.

Ini karena google memiliki sistem yang akan menilai apakah iklan yang Anda akan tayangkan bisa digolongkan berkualitas atau tidak. Semakin berkualitas iklan Anda, semakin murah harganya.

Quality-Score-Factors

[Originally from : thesearchagents.com]

Sedangkan di facebook, saat ini mereka juga mengatakan telah memberlakukan hal yang sama untuk Fb Ads.

Jadi, sekali lagi, Anda juga tidak bisa memutuskan pemilihan iklan digital hanya dari dari biaya rata-rata. Namun Anda harus melihat kemampuan finansial bisnis Anda dan skill yang team Anda miliki. Banyak perusahaan dengan anggaran iklan yang cukup besar memilih menggunakan digital agency untuk melakukan kampanye iklannya daripada berusaha melakukannya sendiri.

Dilihat dari tingkat kesulitan saat mengatur iklan, google memiliki pengaturan iklan sedikit lebih sulit dari pada facebook ads. Google bahkan memiliki sertifikasi untuk pengiklan yang berhasil memenuhi syarat tertentu dan lulus ujian sertifikasi google.

 

Dari Karakteristiknya

Dalam facebook dan google, Anda bisa menyasar pengguna internet yang akan melihat iklan Anda sesuai dengan taget marketing

Anda. Ini berkaitan dengan alasan yang tadi disebutkan bahwa pada akhirnya Anda hanya akan menanyangkan iklan Anda pada target pengguna internet yang spesifik.

Tentu saja ada perbedaan karakter dari iklan di facebook maupun google.

url

Iklan di facebook memiliki fitur yang bisa mengikat pelanggan secara emosional pada bisnis Anda seperti like page, sedangkan google lebih mengedepankan keyword yang bisa menganalisis kebutuhan pengguna internet saat itu.

Iklan di facebook juga bekerja sangat spesifik secara demographic, seperti pemilihan penanyangan iklan untuk usia, gender, bahkan hobi dari pengguna. Sedangkan google lebih mengarah pada pencarian secara tekstual sesuai keyword yang menjadi kebutuhan dari pengguna internet saat itu.

Dari sini bisa dikatakan facebook tepat digunakan untuk menjalin hubungan dan meningkatkan awareness produk Anda. Sedangkan google lebih tepat untuk mencetak penjualan langsung.

 

Jadi, pilih yang mana ?

Pemilihan sarana beriklan, di google maupun facebook sebaiknya di dasarkan pada tujuan kampanye iklan Anda. Bukan hanya melihat dari salah satu faktor keunggulan yang dimiliki media digital advertising tersebut.

Bila Anda adalah pengusaha yang ingin memperkuat awareness tentang keberadaan brand Anda serta menarik minat pelanggan baru, maka facebook bisa jadi pilihan yang tepat.

Sedangkan bila Anda adalah pemilik usaha yang mementingkan penjualan langsung maka kemungkinan besar google adalah pilihan yang tepat.

Tentu saja Anda juga harus menimbang lagi mengenai jenis produk yang Anda miliki. Contohnya, bila Anda adalah pemilik restoran sate ayam, bukan berarti google adalah pilihan yang tepat dengan harapan bahwa google bisa menghasilkan penjualan langsung yang lebih baik dari facebook.

Untuk restoran lokal, facebook yang bisa memberikan awareness tentang keberadaan resto dan menarik pelanggan sesuai demographics yang Anda inginkan, bisa jadi lebih tepat.

Apapun nantinya pilihan media iklan Anda, jangan lupa untuk selalu mengevaluasi data dari penayangan iklan Anda untuk menjalankan kampanye yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *