The Power of Customer Database

Saat SMA saya pertama kali belajar tentang marketing, saat itu, itulah pertama kalinya saya belajar mendapatkan komisi dari penjualan.

Namun saya tidak akan bernostalgia tentang suka duka menjadi sales marketing.

Tapi ada beberapa hal penting tentang marketing baik itu secara offline maupun online yang saat ini saya sedang pelajari.

Salah satunya adalah memanfaatkan daya ungkit untuk menawarkan produk.

Seperti yang kita tahu, ujung tombak dari bisnis adalah penjualan, sebagus apapun produk agan, kalau tidak terjual, ya sama saja. Hal paling umum yang bisa dilakukan adalah mencari daya ungkit untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Mulai dari seminar, festival, hingga arisan ibu – ibu. Makanya jangan heran kalau tiba tiba ada sales alat kesehatan masuk dalam arisan hehe.

Nah, sekarang, apa daya ungkit ini dalam internet marketing ?

Tentu saja, kemudahan internet menjangkau penggunanya.

Kita bisa menjaring calon pelanggan dari manapun kapanpun dengan webiste ataupun iklan atau yang paling umum dilakukan adalah dengan memanfaatkan media sosial.

rural-internet

Namun, ada salah satu daya ungkit yang sangat efektif yang pasti dipakai seluruh perusahaan kelas multi nasional, yaitu dengan menjaring database calon pelanggan.

Ada beberapa cara umum menjaring data base seperti ini :

  1. Menggunakan chat app marketing, bisa dengan bbm, whats up, ataupun line
  2. Menggunakan sms marketing
  3. Menggunakan email marketing

email-marketing

Kesulitannya, Anda harus membuat brand Anda terpercaya terlebih dahulu dan membuat para calon pelanggan mau mendaftarkan email atau nomernya untuk Anda. Memang membutuhkan waktu untuk mendapatkan database seperti ini, tetapi setelah Anda memilikinya Anda tidak bisa mendapatkan keuntungan yang banyak seperti :

  1. Menghemat waktu mencari dan mengedukasi calon pelanggan
  2. Meningkatkan pendapatkan dengan re order dari pelanggan
  3. Menjalin kedekatan dengan pelanggan Anda.

Bila Anda ingin mendapatkan database calon pelanggan tanpa perlu waktu lama Anda bisa mengularkan biaya iklan atau membeli database.

Saya merekomendasikan Anda melakukan iklan ataupun campaign untuk mendapatkan data calon pelanggan. Namun kemudahan mendapatkan ribuan database juga kadang terlalu menarik untuk kita tinggalkan.

Anda bisa membeli ribuan database pelanggan online dengan target tertentu disini.

Tentu saja, Anda masih harus merawat calon pelanggan Anda dengan berbagai benefit dan pastikan kualitas produk Anda bagus agar terjadi pembelian ulang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *