4 Tahapan Survey untuk Copywriting

 

Menemukan copy (tulisan dalam copywriting) untuk Anda yang memiliki produk tertentu dalam bisnis online, sangat penting untuk meningkatkan omset penjualan.

Karena dalam bisnis online, kita berhadapan dengan pelanggan melalui tulisan. Bisa dibayangkan, tulisan dalam web kita seperti salesman yang sedang menarik perhatian pembeli. Salah satu cara menemukan tulisan yang tepat adalah dengan  melakukan survey.

Pengusaha bisnis online yang ingin membuat copy untuk produknya, bisa melakukan 4 tahapan survey agar mendapatkan copy yang mampu mengkonversi tulisan menjadi omset.

Tahapan Survey untuk menemukan Copy

 

1. Memahami Manfaat Produk

Aturan dasar dari marketing, Anda tidak mungkin menjual produk yang Anda sendiri tidak tahu apa manfaatnya. Kabar baiknya, kalau Anda adalah blogger, pemilik usaha atau founder, Anda sudah seharusnya mengetahui apa produk yang Anda jual, apa saja fiturnya dan keunggulannya.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk lebih memahami lebih detail apa saja manfaat dari produk yang akan Anda jual.

Buatlah dokumen dalam bentuk excel – atau word dengan nama “Produk Anda” yang berisi jawaban dari pertanyaan berikut ini :

 

Produk Anda 

Bagaimana Anda menggambarkan produk Anda ?

Jawab dengan dua atau tiga kalimat sederhana, seperti Anda sedang menjelaskan produk Anda pada konsumen

Apa yang berbeda dari produk Anda ?

Tujuan dari pertanyaan ini adalah mencari differensiasi dari produk Anda. Mencari apa yang membedakan produk Anda dengan kompetitor. Tuliskan semua hal yang unik dan membuat produk Anda spesial.

Apa manfaat terbesar yang disediakan produk Anda ?

Bukan apa kelebihan produk Anda, tetapi apa manfaat yang dihasilkan dari penggunaan produk Anda. Contoh: Jangan tulis baju korea model terkini, tetapi tulis baju untuk membuat penggunanya terlihat stylish dengan korean style.

Apa kesulitan yang dihilangkan dari penggunaan produk kita ?

Seseorang membeli produk secara umum untuk dua hal :
Menyenangkan mereka atau menghilangkan kesulitan mereka.

Contoh, powerbank menghilangkan kesulitan penggunanya saat kerepotan baterainya habis di jalan.

Apa fitur yang ada di dalamnya dan apa manfaatnya ?

Tidak semua produk memiliki berbagai fitur, tetapi kalau produk Anda adalah tipe produk seperti handphone yang memiliki banyak fitur. Tulis fitur utama dan manfaatnya.

Fitur 1
Manfaat :

Fitur 2
Manfaat :

Siapa costumer Anda ?

Bagaimana cara Anda menjual, sangat dipengaruhi dari siapa konsumen Anda, apa yang ingin mereka dapatkan, apa yang membuat mereka mau membeli, semua tentang konsumen Anda bukan tentang perusahaan Anda.

Mengenal konsumen Anda adalah langkah penting, karena semua konsumen memiliki Harapan, mimpi, ketakutan, proritas yang berbeda.

Kalau Anda ingin menjual pada pelajar – pada umumnya, Anda tidak mungkin memasang harga mahal dan design yang terlalu mewah pada produk Anda. Berbeda kalau Anda ingin menjual pada eksekutif muda.

Note : Anda bisa menambah atau mengurangi daftar pertanyaan sesuai jenis produk Anda

 

2. Membuat Data Konsumen

Buatlah dokumen dari excel atau word dengan nama “Data konsumen

 

Data Konsumen

Siapa yang saat ini membeli produk Anda ?

Ini adalah langkah untuk mengidentifikasi siapa dan darimana pelanggan paling potensial yang Anda miliki. Kalau Anda belum menjual produk sama sekali, Anda bisa lewati langkah ini.

Siapa yang Anda inginkan membeli produk Anda ?

Sebisa mungkin pilihlah kategori konsumen ideal Anda dengan fokus. Pilihan ini bisa dari usia, jenis kelamin tingkat pendidikan hingga tempat kerja. Kalau Anda ingin menjual ke siapa saja, dalam jangka panjang Anda tidak akan membentuk market Anda sendiri.

Seperti apa tipe costumer Anda ?

Pertanyaan ini untuk memberikan gambaran detail tentang siapa pelanggan Anda. Tulis tipe konsumen Anda satu per satu. Misalnya :

  • Pelajar SMA yang memiliki hobi bermain bola, sekolah di SMA favorit

Apa yang penting untuk mereka : sepatu murah

  • Mahasiswa yang sering mengikuti futsal,

Apa yang penting untuk mereka : sepatu yang terlihat bagus dengan harga menengah.

  • Pekerja kantor yang punya waktu luang, bekerja di perusahaan….. Dan lain sebagainya

Apa yang costumer sukai dari produk Anda ?

Dengan mengetahui apa yang konsumen Anda sukai dari produk Anda, akan lebih mudah untuk menonjolkan manfaat produk Anda dibandingkan kompetitor lainnya.

 

3. Survey pada konsumen atau calon konsumen potensial

Buatlah dokumen excel yang diberi nama “Survei konsumen” Anda bisa menyebarkan Angket ini manual atau melalui e mail dan media lainnya, pada konsumen potensial Anda yang bisa Anda putuskan dari data konsumen.

Untuk mempermudah proses survei, anggarkan sedikit biaya dan katakan ada hadiah kejutan untuk konsumen Anda yang mengisi survei. Daftar pertanyaan di bawah ini tentu bisa Anda rubah sesuai bahasa konsumen Anda.

 

Survei Konsumen

Apa pekerjaan Anda?

Untuk melihat Tipe konsumen Anda

Dimana Anda bekerja atau kuliah ?

Untuk melihat lebih dalam di tempat mana produk Anda konsumen Anda biasanya berada..

Bagaimana Anda menceritakan produk kami ke orang lain ?

Untuk melihat bahasa yg dipakai costumer untuk menjelaskan produk Anda

Apa yang hampir membuat Anda tidak jadi membeli ?

Untuk melihat celah apa yang Anda bisa perbaiki di produk atau iklan Anda

Apa yang meyakinkan Anda membeli produk ini ?

Untuk melihat aspek produk yang mendorong pembelian

Apa fitur yang paling penting sehingga Anda memutuskan untuk membeli ?

Untuk melihat fitur apa yg paling penting dan yang tidak diminati konsumen.

Apa yang Anda harapkan setelah mendapatkan produk kami ?

Untuk melihat keinginan konsumen

 

4. Evaluasi survey

Data survei ini akan kita pakai untuk pembuatan Headline, Tag line atau kontent Anda.

Anda bisa melakukan evaluasi dengan mencari jawaban berulang untuk mengetahui pola yang dibentuk konsumen dari Survei Konsumen lalu bandingkan dengan data Produk Anda dan Data konsumen.

Ini bertujuan untuk menemukan Apa  penggambaran dengan kalimat apa yang sebenarnya konsumen Anda inginkan dan apa yang memang Anda miliki.

Dibawah adalah contoh penggunaan survey untuk headline e book tentang tutorial toko online yang didapat dari salah satu survey melalui bbm.

copywriting

“Cara Sederhana Membuat Toko Online”

Panduan Lengkap yang Mudah Dipraktekkan.

Sebagai alternatif, Anda bisa mengganti teknik survei ini dengan melihat keyword yang paling sering digunakan konsumen dan melihat “bahasa” konsumen dari media sosial sesuai tema kontent Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *