Review – Shopious : Online Store Agregator Pertama di Indonesia

Review of: Shopious

Reviewed by:
Rating:
4
On June 6, 2015
Last modified:June 7, 2015

Summary:

Kemana Anda pergi saat ingin berbelanja ?

dan…

Kemana Anda pergi saat ingin berjualan ?

Pertanyaan ini aneh bila terdengar 5 tahun lalu karena jawabannya pasti pusat perbelanjaan

Namun semenjak internet dan mobile phone berkembang sangat pesat, sekarang kita terbiasa berbelanja dan berjualan di INTERNET.

Ya !

Potensi ini sudah jelas dilirik oleh para pengusaha. Saya yang lahir di Indonesia jelas mendukung perkembangan pemain e commerce dalam negeri yang dalam hal ide dan konsep sudah mampu bersaing dengan pemain asing.

Salah satunya adalah SHOPIOUS

home

Shopious sendiri sudah berdiri di 2013 sebagai marketplace dan mengalami beberapa perubahan hingga saat ini.

Dengan berbagai pengalaman dan pertimbangan. Shopious akhirnya memutuskan mengambil konsep direktori toko online yang bertindak sebagai social media online shop aggregator dengan menyediakan berbagai produk dari berbagai toko online atau seller di Indonesia.

Untuk Anda yang ingin berbelanja

Kalau Anda adalah pengguna internet yang suka berbelanja produk fashion, beauty, atau home decor, maka mengunjungi website yang satu ini bisa jadi cukup menyenangkan.

Produk yang ada di dalamnya sangat bervariasi dengan berbagai kategori yang memudahkan pencarian.

kategori

Di dalam tiap kategori, ada filter yang bisa Anda gunakan untuk mencari jenis produk yang lebih spesifik. Termasuk range harga yang Anda inginkan.

kategori 2

Anda juga bisa memberikan like pada produk yang mungkin Anda minati atau telah Anda beli. Ini membuat konsumen lain menjadi lebih aware pada kualitas produk yang ditawarkan seller.

Hal ini sekaligus membuat seller berlomba menyajikan produk yang terbaik.

kategori 3

Sedangkan untuk penjualan produk, karena shopious berbentuk direktori, maka penjualan yang Anda pilih akan langsung di serahkan kepada seller atau toko online yang terdaftar di Shopious.

Ini membuat respon yang diberikan seller bisa jauh lebih cepat dibanding sistem marketplace.

Sedangkan untuk masalah keamanan, Anda tidak perlu kuatir, karena shopious juga melakukan seleksi terhadap tiap toko atau seller yang mendaftar.

Ketika saya menghubungi CTO Shopious, Aditya Herlambang tentang masalah ini, pihaknya mengatakan, bagi pemilik toko yang ingin memasarkan produknya di shopious, harus melengkapi scan KTP dan rekening bank  untuk menjamin keamanan transaksi.

Untuk Anda yang ingin berjualan

Shopious memang membuka kesempatan untuk Anda yang memiliki atau memasarkan (termasuk dropshipper) produk fashion, beauty, atau home decor dan terbiasa berjualan dengan media instagram untuk memasukkan produk Anda di websitenya.

Instagram memang menjadi media social yang berkembang sangat pesat dan menjadi tempat yang sangat populer untuk menawarkan produk, terutama produk fashion.

Bisa jadi atas dasar ini, shopious memutuskan berfokus pada instagram. Saya juga mendapatkan informasi bahwa ke depannya, shopious akan melebarkan sayapnya ke facebook

Keuntungan memasukkan produk ke dalam shopious cukup jelas, dibanding akun yang memiliki follower terbatas, produk Anda bisa dijangkau lebih banyak calon pembeli di shopious.

Shopious mengklaim websitenya telah memiliki sekitar 500.000 pengunjung unik tiap bulannya.

Sistem yang digunakan shopious sebagai agregator juga memungkinkan produk yang Anda bagikan di instagram secara otomatis akan masuk ke dalam shopious tanpa perlu repot mengatur settingan lain.

Saat ini sudah ada sekitar 1500 toko online yang bergabung di dalam shopious.

daftar shopious

Agar saya mendapat sudut pandang dari penjual produk fashion, Saya kemudian bertanya pada teman saya Zu, pemilik brand Corustace Unique tentang tipe bisnis e commerce seperti shopious.

Dia mengatakan bahwa website seperti ini memang memudahkannya untuk memasarkan produknya.

Tetapi jangan lupa untuk melihat target pasar yang ada sebelum memasukkan produk, agar hasilnya sesuai dengan ekspektasi yang diinginkan.

Tertarik berjualan di shopious?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *