Merubah Footer di WordPress dengan Child Theme

Salah satu keunggulan menggunakan wordpress untuk membuat website adalah Anda bisa merubah semua komponen yang ada di dalamnya. Ya, semuanya, mulai dari warna, tulisan, background dan lainnya.

Namun tentu saja, untuk merubah komponen website kadang kita juga harus mengenal kode html, css maupun function.

Ini tidak sulit, karena banyak sekali tutorial praktis yang tersedia di internet yang bisa di cari di google.

Merubah Footer di WordPress

Salah satu hal yang paling sering dirubah dalam wordpress adalah footer.

menghilangkan footer wordpress

Dalam tutorial ini, saya tidak hanya menunjukkan bagaimana cara menghilangkan atau mengganti footer. Namun juga bagaimana cara melakukannya dengan menggunakan child theme.

Sedikit penjelasan mengenai child theme. Sebagai gambaran, kalau Anda menggunakan tema A dan ingin merubah komponen di dalamnya, maka sebaiknya Anda membuat copy dari tema A tersebut dan Anda bisa melakukan perubahan dari copy tema A yang Anda buat bukan dari tema asli. Copy ini biasa disebut child theme.

Mengapa harus menggunakan child theme  ? Secara mudah, child theme mencegah terjadinya error saat melakukan perubahan kode. Child theme juga menjaga perubahan yang telah Anda buat agar tidak hilang saat terjadi update tema.

Faktanya,tidak banyak pengguna wordpress yang menggunakan trik ini karena kurangnya pemahaman. Dulu membuat child theme memang cukup sulit. Namun sekarang saya akan menunjukkan caranya untuk Anda, dengan contoh child theme untuk merubah footer wordpress.

Langkah pertama, aktifkan plugin one clik child theme melalui add plugin dari dashboard wordpress.

menghilangkan footer wordpress

Lalu apabila plugin tersebut telah aktif, di bagian appearence Anda akan menemukan menu child theme. Klik menu tersebut dan beri nama child theme Anda.

Disini saya membuat child theme untuk tema smart shop dan memberi nama child theme saya “Child”

menghilangkan footer wordpress
Apabila child theme Anda sudah aktif, maka di menu appereance >> editor Anda bisa memilih child theme yang tadi sudah Anda buat (Nomer 1).

Anda juga bisa melihat nama theme aslinya (nomer 2) dan bagian html kode (nomer 3). Bagian html tidak selengkap dari tema asli. Namun ini bisa kita lengkapi.

merubah footer wordpress

Bila kita merubah editor ke tema asli yang saya gunakan, yaitu smartshop. Anda akan melihat banyak bagian html yang sebenarnya. Termasuk bagian footer yang ingin kita rubah.

Artinya, kita harus memasukkan bagian footer ke dalam child theme tadi.

merubah footer wordpress

Untuk memasukkan bagian footer pada child theme, Anda harus masuk melalui cpanel terlebih dahulu. Link C panel diberikan oleh penyedia hosting Anda, kalau Anda lupa silahkan cek e mail yang Anda pakai dulu saat membeli hosting. Anda bisa melihat tutorial cpanel dari awalnya di sini.

merubah footer wordpress

Setelah masuk dalam file manager, kita bisa melihat menu website sama seperti menu yang tersedia di komputer pada umumnya. Fokus untuk merubah tema tentu saja di folder theme. Ini umunya terletak di public ftp >> wp content >> theme.

Disini kita bisa melihat ada theme original (smartshop) dan child theme yang sudah di buat (child) perubahan akan difokuskan pada dua folder tersebut.

merubah footer wordpress

Di dalam folder child Anda akan melihat hanya beberapa file, sesuai dengan yang ada di editor.

merubah footer wordpress

Sedangkan di dalam folder tema asli, yaitu smartshop ada banyak file lainnya. Copy file footer.php dengan klik kanan.

merubah footer wordpress

Kemudian perhatikan bagian dalam kotak merah di bawah, pastikan Anda menempatkan copyan pada folder child theme yang sudah Anda buat. Dalam kasus ini, file child theme saya ada di >> theme/child

merubah footer

Bila sukses, saat membuka folder child theme Anda, file footer sudah ada disana.

mengganti footer wordpress

Setelah sukses meng copy file footer.php kembali ke dashboadrd wordpress Anda. Di bagian appearence >> editor pilih child theme. Anda akan menemukan bagian footer.php sudah tersedia.

mengganti footer wordpress

Langkah berikutnya, cari kalimat yang sesuai dengan footer pada wordpress biasanya ini berada di antara <p> dan memiliki kode <a href>. Ubah atau hilangkan kalimat footer yang Anda inginkan.

footer wordpress

Jangan lupa save perubahan hingga muncul notifikasi. Dalam tutorial ini, saya menghilangkan semua footer.

mengganti footer wordpress

Bila sukses, Anda akan melihat footer website Anda sudah berubah.

mengganti footer wordpress

Child theme yang sudah Anda buat tidak hanya digunakan untuk merubah footer. Tentu saja dalam child theme Anda bisa merubah susunan css untuk warna, besar kecil tulisan hingga margin gambar dan background.

Selamat mencoba

5 thoughts on “Merubah Footer di WordPress dengan Child Theme

  1. Mantap artikel tutorialnya gan! Saya juga buat artikel tutorial cara membuat footer di WordPress, tapi belum jadi 100%, baru sebatas pengenalannya aja, untuk tutorial footer 3 kolom, cara menambahkan widget di footer, dan lain2nya akan dibahas http://kafeinkode.com/tutorial-cara-membuat-footer-di-wordpress/ gimana menurut agan pada?

  2. terima kasih mas, akhirnya nemu juga caranya

  3. ngopi dari thema awal bisa gan, tapi waktu mau memasukkan ke tema yang baru tanda pastenya gak ada hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *