Cara Mendatangkan Traffic yang menghasilkan Omset

 

Saat Anda membuka bisnis online, biasanya kesulitan yang dialami adalah, bagaimana cara mendatangkan traffic yang menghasilkan omset secepatnya.

Dalam bisnis online, mendatangkan traffic yang tepat ke website sesuai dengan niche / tema bisnis Anda sangat penting.

Saya gambarkan, ketika Anda membuka web sama seperti membuka toko. Bila Anda membuka toko baju, tentu saja pelanggan yang Anda inginkan datang adalah yang berminat membeli baju atau setidaknya tertarik dalam bidang fashion.

Hanya promosi yang tepat yang bisa menyampaikan bisnis Anda pada target yang tepat. Misal Anda beriklan melalui medsos pribadi, maka traffic atau pengunjung yang datang adalah teman sendiri, bukan pelanggan potensial.

Sedangkan beriklan dengan SEO tidak bisa begitu saja Anda lakukan, biasanya optimasi baru menampakkan hasil rata-rata setelah enam bulan atau lebih tergantung tingkat kesulitan keyword. Belum lagi kesulitan teknis lainnya.

Lantas bagaimana Anda bisa mendatangkan traffic yang tepat secepatnya dan mulai menghasilkan profit meskipun Anda awam ?

Jawabannya, dengan beriklan melalui Fb atau Adwords.

Kenapa ?

Beriklan secara Online memiliki setidaknya memiliki tiga keuntungan :
1. Tepat sasaran
2. Terjangkau
3. Terukur

 

1. Tepat Sasaran

Dalam iklan online, seperti menggunakan adwords dan facebook ads, Anda bisa menentukan iklan Anda sangat spesifik

Anda bisa memilih iklan Anda akan dilihat oleh laki-laki atau wanita, menentukan waktu kemunculan iklan, usia berapa yang akan melihat iklan Anda, hobi, bahkan dari mana mereka melihat iklan Anda (laptop, android, mozilla dll)

Ini membuat Anda bisa menentukan target iklan sesuai dengan target konsumen Anda. Misalkan Anda menjual sepatu wanita, maka Anda bisa mentarget hanya wanita yang melihat iklan Anda, dengan usia tertentu, pernah melakukan pembelanjaan online, tertarik dengan fashion bahkan bila Anda memiliki toko sepatu semisal di surabaya, Anda bisa mentarget hanya wanita di surabaya yang melihat iklan Anda.

 

2. Terjangkau dan Efektif

Secara garis besar, pengukuran biaya iklan online menggunakan tiga cara, yang bisa Anda pilih:

A. PPC

Pay per Click. Artinya Anda hanya akan dikenakan biaya, apabila iklan Anda yang muncul di “klik” oleh orang yang melihat iklan Anda. Ini adalah jenis pembayaran yang paling populer unttk mendatangkan traffic langsung ke website.

B. PPI

Pay per Impression. Artinya setiap iklan Anda tayang, Anda dikenakan biaya. Ini biasanya digunakan untuk mereka yang sedang membesarkan brand image suatu produk.

C. PPA

Pay per Action, Artinya, Anda baru dikenakan biaya apabila ada tindakan yang dilakukan oleh orang yang melihat iklan Anda.

Contoh sederhana PPA adalah, Fb Ads yang bertujuan meningkatkan like page. Anda dikenakan biaya setiap ada orang yang me like page Anda. atau setiap ada orang yang mengirimkan nomer telepon ke Anda atau mengirimkan email ke Anda.

Biaya per iklan juga cukup murah, hanya beberapa ratus rupiah hingga beberapa ribu , untuk iklan di persaingan bisnis yang ketat. Dengan adanya jenis pengukuran biaya di atas, kita hanya dibebani biaya iklan yang memang kita butuhkan.

Dari segi konversi, ini sangat efektif, semisal Anda menganggarkan iklan 50.000 yang bisa mendatangkan 50 orang ke website Anda, dengan hanya 5 orang yang membeli.

Bila keuntungan per item adalah 30.000 artinya profit Anda adalah 100.000 (150.000-50.000) Tentu saja, Anda harus melakukan perhitungan produk Anda sendiri, untuk menentukan Anggaran dan ROI.

 

3. Terukur

Semua iklan yang Anda pasang di Facebook ads dan Google Adwords memiliki data yang terekam. Dari data yang telah Anda peroleh setelah beriklan. Anda bisa melakukan testing dan evaluasi untuk mendapatkan strategi yang paling efektif. Data ini bisa Anda lihat bulanan, mingguan bahkan harian.

Anda bisa mendownload data iklan, melihat pengunjung dari iklan dan tingkah laku mereka untuk mengembangkan bisnis online Anda menjadi lebih baik lagi. Keunggulan ini tidak bisa Anda dapatkan pada iklan konvensional.

Anda bisa melakukan evaluasi, Kapan iklan tayang paling efektif, siapa target yang paling banyak membeli, atau apakah unsur dari landing page untuk iklan Anda kurang efektif

Ini juga mendasari salah satu prinsip menganggarkan biaya paling tepat saat pertama beriklan adalah dengan memasukkan biaya iklan di awal sebagai biaya penelitian.

traffic iklan

*Dikutip dari bonus paket e book Up Bisnis “Powerful Advertising”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *