Fakta SEO yang Tidak Menyenangkan

 

Sering kali saat saya berdiskusi dengan rekan UKM mengenai bisnis go online, maka sebagian besar akan mengarah pada SEO yang entah kenapa dianggap sebagai “Senjata Sakti” dalam dunia bisnis online.

Well, itu tidak sepenuhnya salah, tapi juga tidak sepernuhnya benar. Anda akan mengerti alasannya, setelah membaca fakta SEO yang tidak menyenangkan ini.

SEO itu sulit

Saya memakai kata yang tidak populer dalam dunia motivasi, SULIT hehe, ini hanya untuk memotivasi Anda untuk terus belajar dan tidak memiliki pemikiran bahwa SEO bisa dilakukan siapa saja, dengan cepat tanpa pengalaman dan pengetahuan yang cukup.

Faktanya, SEO dengan keyword yang produktif (mampu menghasilkan profit) memiliki persaingan yang tidak sedikit, bayangkan seperti ini, bila Anda menjual sepatu dan ingin mengoptimasi situs Anda untuk keyword “Jual Sepatu Murah” kira-kira berapa pesaing yang akan Anda hadapi ? Jawabannya, ribuan, mungkin ratusan ribu.

fakta seo

Belum lagi, Anda harus berbagi space dengan google adwords untuk keyword yang produktif.

fakta seo

Karena itu saya menyarankan Anda yang baru akan mencoba mempelajari SEO untuk memilih keyword yang sesuai dengan level pemahaman Anda seputar SEO saat ini, dan terus dikembangkan seiring pengalaman Anda yang bertambah.

Secara garis besar untuk melakukan SEO ada tiga hal yang harus Anda lakukan : Mengoptimasi Situs Anda (On Page SEO) membuat backlink untuk situs Anda (Off Page SEO) dan menghindari optimasi yang memunculkan pinalti dari alogaritma google. Kabar baiknya, ini semua bisa dipelajari.

SEO membutuhkan waktu lama

Ini berlaku terutama untuk Anda yang baru saja memiliki website. Karena google melihat umur dari sebuah website untuk menentukan ranking page dan optimasi yang berlebihan untuk umur awal sebuah website, bisa memancing pinalti dari google.

SEO adalah strategi jangka panjang, artinya, optimasi harus dilakukan terus menerus sebelum Anda bisa mencapai first page, bahkan, setelah Anda berhasil menembus first page dengan keyword tertentu, Anda masih harus melakukan optimasi atau Anda akan tergeser oleh pesaing Anda yang juga mentarget keyword yang sama dengan Anda. Proses pergeseran ranking ini biasa terjadi dalam SEO.

Hal lain yang perlu Anda ketahui, untuk keyword dengan kompetisi yang tinggi, membutuhkan waktu optimasi SEO hingga berbulan-bulan. Namun, untuk keyword yang rendah persaingan, selama Anda melakukan SEO dengan benar, waktu yang dibutuhkan untuk melihat hasilnya bisa dihitung dalam dua-tiga bulan. Setelah itu bahkan bisa menjadi lebih cepat lagi untuk keyword selanjutnya.

Naik turun ranking adalah hal biasa

Naik turun ranking adalah hal biasa

SEO hanya salah satu factor

Sebagian besar pelaku UKM yang baru mempelajari bisnis online dan mengetahui tentang SEO, memiliki pendapat seolah-olah SEO adalah satu-satunya cara yang paling efektif untuk meningkatkan omset usaha mereka.

Faktanya, tujuan utama dari SEO adalah menghasilkan traffic/pengunjung ke website Anda. Pengunjung inilah yang diharapkan melakukan pembelian dan menghasilkan omset. Namun seringkali kita tidak menyadari bahwa SEO hanyalah satu dari rangkaian untuk menghasilkan omset.

Bila SEO berhasil dilakukan pada situs Anda, maka tantangan selanjutnya adalah konversi. Seberapa banyak penualan atau “klik” yang bisa Anda dapatkan dari traffic yang masuk ke dalam situs Anda. Disinilah peran dari copywriting, placing, pricing, design, user experience dan lainnya bekerja untuk memaksimalkan konversi website Anda.

Sebenarnya SEO juga bukanlah satu-satunya cara untuk menghasilkan traffic. Anda bisa juga menggunakan online advertising, content marketing ataupun buzzer dimana semua memiliki kelebihan sekaligus kekurangannya masing-masing. Untuk pelaku bisnis online dengan anggaran besar, mereka akan melakukan kombinasi dari berbagai cara untuk mendapatkan traffic yang maksimal.

Anda bisa mempelajari tentang white hat SEO – cara yang tidak melanggar ketentuan google dalam paket premium Up Bisnis :).

Saya akan tutup artikel ini dengan potongan pernyataan dari – Jill Whalen – highrankings[dot]com salah satu satu dari SEO professionals kelas dunia.

“Even the best SEOs are not magicians. They can’t simply place a site at the top of the engines when there are hundreds of thousands (if not millions) of others that offer basically the same thing”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *